i-xtrabytes


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat pagi saya ucapkan pada kawan semua. Alhamdulillah sekarang saya sudah lulus sehingga bisa lebih fokus ngeblog maupun berbisnis online

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas salah satu altcoin yang menurut saya cukup menarik.


XtraBytes merupakan altcoin hasil pemulihan (recovery) dari sebuah altcoin yang sudah scam, Bitmox. Setelah Bitmox terbukti scam, beberapa orang yang sebelumnya sudah membeli memutuskan untuk mengambil alih dan memperbaiki Bitmox.

Proses recovery sudah dilakukan mulai sekitar sebulan yang lalu, dan developer memilih nama XtraBYtes sebagai nama baru untuk Bitmox.
Yang unik adalah altcoin ini tidak ada ICO dan tidak memakai sistem Proof of Stake maupun Proof of Work yang sebagian besar cryptocurrency memakai sistem ini.

Altcoin ini tidak mengadakan ICO (Initial Coin Offerring) karena memang seluruh koin untuk ICO telah dibeli oleh investor saat altcoin ini masih dalam bentuk Bitmox.
Sedangkan untuk sistemnya altcoin ini menggunakan sistem terbaru yang dibuat sendiri oleh developer, yaitu Proof of Signature. Dalam PoS dan PoW hanya ada satu node (satu miner) yang memverifikasi transaksi, sedangkan dalam PoSign (Proof of Signature) banyak node (miner) yang memverifikasi transaksi sehingga bisa membuat jaringan lebih cepat dan aman.

STaTiC

Misalnya ada seratus node yang sedang memverifikasi sebuah blok transaksi, jika ada salah satu node yang menghasilkan informasi transaksi yang berbeda (salah) dengan 99 node lain, maka satu node tersebut dengan cepat mengetahui perbedaan dan segera memperbaiki (menyamakan) informasi transaksi dengan 99 node lainnya. Seperti ketika seratus orang mengoreksi hasil ujian bersama-sama maka akan segera ketahuan jika ada jawaban yang salah karena tidak sama.

Sistem ini adalah terobosan baru yang saya pikir akan membuat suatu perbedaan di dunia CryptoCurrency, karena dengan sistem ini proses transaksi bisa berjalan lebih cepat dan lebih aman.

xbymain

Perkembangan XtraBYtes ini sendiri berjalan cukup cepat. Saat dua orang developer (Borzalom, programmer dan CCRevolution, marketer(nickname bitcointalk)) memulai proyek ini sebulan lalu, 1 XBY hanya bernilai 1 satoshi, itupun masih banyak yang perlu dibenahi seperti source code dan walletnya.
Sekarang setelah 4-5 minggu berlalu, harga 1 XBY bernilai sekitar 500 satoshi. Bahkan beberapa hari lalu di C-cex hampir menyentuh 800 satoshi per 1 XBY. Begitu juga dengan proses transaksi yang sudah bisa berjalan dan STaTiC node (miner) yang semakin bertambah banyak.

Saya sendiri untungnya dulu sempat membeli sekitar 2500 XBY saat harga masih di kisaran 10-30 satoshi, dan sekarang tinggal 1500 karena 1000 XBY sudah saya jual untuk modal :D
Terus terang saya sendiri tidak menyangka harga bisa berubah begitu cepat. Developer sendiri menarget harga $ 1 untuk 1 XBY dan saya pikir tidak terlalu sulit untuk tercapai dalam waktu cepat mengingat ada sesuatu yang spesial dari altcoin ini.


Sekedar info, XtraBYtes bisa dibeli di situs exchanger C-cex dan Yobit, wallet bisa di download di SINI dan kemarin sudah menduduki peringkat 100 besar Cryptocurrency di situs Coinmarketcap.



Sekian post kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


Sumber:
- XtraBYtes BitcoinTalk Ann Thread
- Coinmarketcap XtraBYtes