fraud



Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Pagi gan, kali ini saya akan membagikan pengalaman yang baru saja saya alami. Pengalaman apa? Ketipu :D

Kronologi: saya berniat deposit ke salah satu situs PTC, tapi sebagian besar duit online saya dalam masih dalam bentuk Bitcoin, jadi saya berniat exchange Bitcoin tersebut ke PerfectMoney.
Nah saya buat post di sebuah grup Facebook bertanya tentang exchanger terpercaya, kemudian ada seseorang (sebut saja anu) menawarkan service exchange. Akhirnya jadilah transaksi antara saya dengan si anu. Setelah saya kirim Bitcoin, ternyata si anu ini tidak bisa dihubungi (akunnya hitam, mungkin saya diblokir atau akun dia ditutup). Barulah saya sadar mungkin saja saya telah ditipu.

Kemudian saya cari si anu, setelah saya hubungi dia bilang saya telah ditipu oleh seseorang yang meniru akunnya.
Setelah itu saya baca sebuah post di grup tersebut, ternyata memang ada seseorang yang meniru si anu asli dengan tujuan untuk menipu.
Selesai :)

Akhirnya gimana?
Yah, walaupun rasa kecewa, marah, sedih, menyesal menumpuk di hati, saya ikhlaskan sadja :) karena mungkin saja bitcoin tersebut adalah rezekinya dia, dan kalaupun itu bagian saya pasti nantinya kembali lagi, entah dalam bentuk apa.

Beberapa kesalahan saya yang bisa agan jadikan pelajaran:

- Tergesa-gesa. Begitu si anu "palsu" komentar, saya langsung melakukan transaksi dengan dia, tanpa melakukan selidik selidik terlebih dahulu atau mempertimbangkan pilihan lain (si anu ini cukup saya kenal karena memang sering post di grup tsb).
- Tidak selidik selidik.
- Tidak mempertimbangkan pendapat teman terpercaya.

Bagi agan yang telah tertipu, sabarlah :) (dan perjuangkan jika masih bisa, dalam kasus di atas saya sudah tidak bisa apa apa). Rezeki tidak akan kemana-mana jika itu memang bagian agan. Jika agan masih berharap, yakinlah rezeki tersebut akan kembali, walaupun mungkin akan dalam bentuk lain ( < update: ini real, kembalinya berlipat-lipat).


Baiklah sekian post kali ini, pesan saya adalah selalu berfikir positif dan ambil hikmahnya.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.