Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Bagaimana kabar agan semua? apakah sudah memulai berbisnis online? tapi agan harus hati-hati juga, jangan asal gabung ke suatu bisnis online. Karena bisa saja itu suatu penipuan ataupun akan membawa kerugian pada agan. Maka dari itu sekarang saya akan membagikan beberapa jenis bisnis online yang patut dihindari.





1) Bisnis online beraliran Ponzi Scheme.

Agan tahu apa itu Ponzi Scheme? singkatnya, cara kerja bisnis ini adalah membayar member dari uang member lain. Bukti nyata bisnis seperti ini adalah bisnis HYIP(High Yield Investment Program). Bisnis ini "katanya" berbasis investasi, dan bisa menggandakan uang investasi membernya jadi sekian persen (kayak Dimas Kanjeng donk :D ).
Tapi jangan terkecoh kawan, ini hanyalah tipu tipu busuk dari si pemilik situs jenis HYIP. Mereka membayar uang deposit kita dengan uang deposit dari member lain yang daftar setelah kita, begitupun dengan uang deposit/investasi kita, mereka gunakan untuk membayar investasi member lain yang daftar sebelum kita.
Istilahnya yang tepat adalah "Siapa cepat, dia dapat".

Untuk mengetahui bisnis online yang beraliran Ponzi Scheme bisa dibilang mudah, yaitu jenis bisnisnya tentang penggandaan uang yang mustahil, misalnya kembali 200% dalam satu hari. Bahkan ada yang sampai janji kembalian 1000% dari deposit awal selama dua hari. Jadi kalau agan deposit sepuluh ribu maka uang akan berkembang jadi seratus ribu dalam dua hari. Enak ya gan? enak lah :D

HYIP murni umurnya tidak sampai satu bulan dari awal kemunculan. Orang yang daftar di akhir riwayat hidup sebuah HYIP dipastikan tidak akan mendapatkan keuntungan, karena jika orang sudah tahu suatu HYIP scam maka tidak ada yang akan mendaftar lagi, berarti tidak ada anggota baru yang uangnya bisa digunakan untuk membayar anggota yang terakhir daftar.


Yang jelas jika ada yang menawarkan bisnis investasi maka agan harus tahu terlebih dahulu uang agan akan dibawa kemana dan dipakai untuk apa, agar agan bisa terhindar dari bisnis Ponzi Scheme yang merugikan. Terlebih bagi agan yang beragama islam, uang hasil Ponzi adalah uang riba dan siapa yang memakan uang riba akan mendapatkan dosa besar. Enak gak gan? ya gak enak lah :D





2) Bisnis Pyramid Scheme.

Setelah sebelumnya ada Ponzy Scheme, sekarang adalah tentang Pyramid Scheme. Sesuai namanya, bentuk bisnis ini memang seperti piramida.

Pyramid Scheme ini intinya tentang rekrut-merekrut. Contohnya, seorang bernama Anu mengikuti bisnis Pyramid Scheme. Dia dijanjikan mendapat keuntungan besar jika dia mempunyai banyak bawahan. Kemudian si Anu tersebut merekrut si Uni dan Una, lalu si Uni merekrut si Ano dan Ino dan si Una merekrut si Unu dan Inu. Pada posisi ini si Anu sudah berhasil membuat kerajaan piramida nya menjadi dua tingkat.


Lalu bagaimana si Anu mendapatkan untung? pada bisnis ini biasanya untuk anggota yang ingin bergabung akan dikenakan biaya macam-macam. Nah uang dari anggota yang baru ini pada akhirnya akan dibagi-bagi untuk atasan langsung(perekrut), atasan kedua(atasan si perekrut) hingga ke si bos besar pemilik bisnis. Begitu pula dengan si Anu yang mendapatkan "komisi refferal" dari si Uni dan si Una, dan dua orang ini juga akan mendapatkan komisi dari bawahannya. Dan jika para bawahan tersebut berhasil merekrut anggota lagi maka semakin besarlah piramida si Anu. Dan tanpa sadar si Anu juga telah dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan besar oleh atasannya sendiri, yaitu si Poci :D

Mengapa agan harus menghindari bisnis seperti ini? karena agan akan selalu diiming-iming dengan keuntungan besar jika mendapatkan banyak bawahan, sehingga agan akan berusaha sekuat tenaga, promosi dan beriklan sana sini untuk mendapatkan banyak bawahan. Bukankah lebih baik jika tenaga tersebut digunakan untuk berbisnis yang lebih pasti?

Kesimpulannya, tidak ada cara yang instant untuk mendapatkan keuntungan besar. Kita tetap harus berjuang dan bekerja keras sekalipun dalam dunia bisnis online, untuk mendapatkan keuntungan besar yang terjamin. Selain itu, untung kecil tetapi pasti adalah lebih baik dibandingkan untung besar tetapi tidak pasti.




Sekian post kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua.


Wassalamu'alaikum Wr. Wb.