Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pengertian dan Jenis - Jenis Bisnis Online di Internet

bisnis

Siapa yang tidak suka uang? sebagian besar orang - orang pada saat ini tentu berkeinginan untuk mempunyai uang yang banyak di dompetnya, seperti agan yang sedang membaca post ini.
Untuk mendapatkan uang maka harus bekerja, dan untuk mendapatkan pekerjaan, terlebih yang berkualitas maka diperlukan pendidikan dan keahlian yang tinggi dan berkualitas pula. Tetapi tahukan agan ada cara yang lebih mudah mendapatkan uang? sekarang ini ada cara mudah mendapatkan uang/penghasilan tanpa memerlukan syarat di atas, yang bahkan bisa dikerjakan anak SMP, dan tentunya tanpa melanggar norma maupun hukum, yaitu bisnis online. Bisnis online adalah bisnis yang dikerjakan/dioperasikan secara daring(online),
Dan di bawah saya akan menjelaskan jenis - jenis dari bisnis tersebut.




1) PPC, CPC

Yang pertama adalah bisnis berdasarkan klik dan klik. PPC(Pay Per Click), adalah bisnis online yang rata-rata mewajibkan seseorang mempunyai blog ataupun situs web. Yang membayar adalah advertiser(pengiklan) dan yang dibayar adalah publisher(para blogger/website owner). Untuk mendapatkan bayaran maka sang publisher harus memasang kode yang berisi sebuah link yang jika di klik oleh pengunjung situs maka si publisher akan mendapatkan bayaran. Untuk CPC konsepnya sama seperti PPC.


Pengembangan: - Link Shortener


2) CPM

CPM merupakan singkatan dari Cost Per Mille/Cost Per Thousand. Publisher akan mendapatkan bayaran setiap ada pengunjung website yang melihat iklan advertiser(biasanya banner/gambar), jadi tidak memerlukan klik. Rate bayaran dihitung setiap seribu(Thousand) tampilan.




3) Trading / Jual Beli

Untuk jenis ini sepertinya agan sudah mengerti. Konsep dasarnya yaitu jual beli sesuatu, bisa barang seperti di situs Tokopedia ataupun jasa seperti di situs Fiverr.


Pengembangan:
- Forex
- Online Stock/Penny Stock
- Micro Stock
- Cryptocurrency Trading


4) Paid Task

Pada jenis ini kita akan dibayar untuk melakukan suatu tugas, misalnya membuatkan tulisan atau mendaftar di suatu situs. Mungkin inilah yang disebut pekerjaan yang sebenarnya di dunia maya.


Pengembangan:
- Data Entry
- Paid To Click
- Paid To Play/Paid Game
- Paid To Signup
- Paid To lainnya..

5) Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah jenis bisnis online dimana kita akan menjadi "Salesman"/agen penjualan dari seseorang atau sebuah perusahaan. Bahasa elitnya ialah kita menjadi perantara antara Customer/pembeli dengan Seller/produsen. Kita akan mendapatkan komisi dari setiap produk yang berhasil kita jual. Situs - situs besar seperti Amazon dan Ebay menyediakan fitur Affiliate Marketing.


Pengembangan:
- Reseller/Dropship

6) Investasi

Sebenarnya bisa dibilang ini adalah salah satu aspek bisnis online, karena dari jenis lain(PTC, Paid Game, Online Stock) ada kemungkinan kita bisa berinvestasi. Tetapi ada salah satu bentuk bisnis yang mempunyai dasar asli investasi, yaitu Cloud Mining.
Cloud Mining adalah suatu bentuk bisnis investasi dimana suatu perusahaan menyediakan layanan menambang Cryptocurrency bagi para investor. Bagi agan yang belum tahu apa itu Cryptocurrency akan saya bahas pada kesempatan berikutnya.




7) Jenis Lainnya

Ada satu lagi jenis bisnis online, yaitu Pay Per Download(PPD), entah saya bingung menempatkan di bagian mana jadi saya tempatkan disini :D
Mungkin saja ada jenis lainnya yang belum tertulis, tetapi karena keterbatasan pengetahuan saya maka post ini cukup berakhir disini. Selain itu juga ada beberapa jenis bisnis online yang patut agan hindari, akan saya bahas selanjutnya.



Walaupun tidak memerlukan skill dan pendidikan tinggi, bisnis online memerlukan sesuatu yang mungkin bagi sebagian orang sulit memenuhinya, yaitu kerja keras, kesabaran, ulet dan pantang menyerah, perencanaan, pengalaman, dan kreatif. orang yang bisa memenuhi semua syarat tadi saya yakin akan berhasil di dunia bisnis online.



Sekian post kali ini, semoga bermanfaat bagi agan.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.