Assalamu'alaikum Wr. Wb


Selamat siang semuanya, pada kali ini saya tidak akan membahas tentang Kumpulan Tips Trading Bitcoin dan Altcoin di C-Cex. Iya gan, saya tidak akan bahas itu. Sengaja bikin judul kek gitu biar ada satu dua visitor yang nyangkut :D


By the way, saya hanya akan bercerita saja tentang trading, dan barangkali ada beberapa bagian yang bisa agan jadikan tips. Saya mulai kenal trading setahun lalu, sedangkan serius trading sejak bulan Januari. Alat trading saya selama ini hanyalah sebuah handphone Nokia Asha 205 (Java), karena saya hanya punya handphone itu.



nokia205
sumber: olx.co.id


Jadi selama trading, saya tidak bisa menggunakan app android semacam prediksi altcoin, bahkan chart trading di situs exchange juga tidak terlihat (saya belum pernah baca chart/grafik lilin). Untuk situs Exchange saya gunakan C-Cex karena hanya itu yang bisa diakses dari hp saya.


Lalu bagaimana saya bisa opit(baca: profit)?

Kita harus pahami apa sebenarnya tujuan trading. Tujuan trading bagi saya tidak lebih hanya mengejar keuntungan dari perbedaan antara dua harga. Ya, trading hanyalah soal mengejar selisih untung (Trade = Dagang). Tidak terlalu tergantung dari soal chart atau koin scam. Jika agan berfokus membeli koin koin bagus dengan roadmap jelas, itu bukan trading, itu namanya investasi.
Kita hanya mengejar selisih, soal scam tidaknya itu bukan masalah. Seperti di dunia nyata, ada yang berdagang emas mutiara, ada juga yang berdagang sampah. Kualitas koin hanyalah penentu kemungkinan mendapatkan profit yang lebih besar.

Balik lagi, bagaimana cara saya mendapatkan profit?

Saya mencari apa yang bisa mempengaruhi perubahan harga. Saat trading, sebagian trader biasanya masih dikendarai ketakutan. Takut harga terus naik akhirnya membeli, takut harga terus turun akhirnya menjual. Oleh karena itu ada istilah FUD (Fear, Uncertainty, Doubt), menyebarkan ketakutan, kabar-kabar tertentu untuk mempengaruhi pasar.

Nah dengan memanfaatkan kabar burung atau update terbaru, saya bisa menentukan pilihan untuk buy/sell. Twitter, Chat box/Troll box di situs exchange atau forum-forum besar seperti BitcoinTalk bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan kabar atau update terbaru.
Tentu saja tidak hanya berdasarkan kabar, saya juga memperhatikan hal-hal lainnya seperti kualitas koin, keadaan order book, pergerakan pasar, harga high/low terakhir, dan chart (saya biasa melihat chart di Coingecko, itupun chart harga bukan chart lilin).
Cara di atas sukses membuat saya mendapatkan opit trading walaupun dengan hp sederhana. Tetapi tidak selamanya opit tersebut lancar, terkadang harus menunggu satu-dua hari atau seminggu-dua minggu untuk bisa menjual kembali dengan keuntungan.

Saya juga pernah cut loss (jual rugi), biasanya memang karena ada koin yang berpotensi opit, sedangkan semua modal terjebak di satu koin. Akhirnya jual rugi untuk mendapatkan modal kembali. Jadi tips yang bisa didapatkan disini adalah Jangan Tempatkan Semua Telur di Satu Keranjang. Jangan pakai semua modal untuk membeli satu koin, bagilah modal misalnya 1/5 bagian untuk membeli koin tersebut kemudian 4/5 bagian disimpan atau untuk membeli empat koin lain.


Yang jelas, jika tidak ingin rugi maka jangan ambil keputusan asal-asalan, dan atur semua transaksi dan alokasi koin agan sebaik mungkin. Gunakan analisis, jika belum bisa membaca chart lilin agan bisa pakai cara di atas atau cara transaksi order ini. Jangan serakah, jika sudah cukup untung langsung jual, karena bisa saja harga yang agan harapkan tinggi sudah turun kembali saat agan mengharapkan harganya lebih tinggi dengan untung lebih banyak.


*Tambahan: teknik trading yang saya pakai jenisnya teknik fundamental, yang cocok untuk trader pemula

Sekian,
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.