Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Setelah lama tidak menerbitkan post di blog ini, karena sedang fokus di blog sebelah (Strategy Blog), kali ini saya telah membuat post tentang GoldSmugglers Tutorial; Tips dan Cara Membuat Company di GoldSmugglers.

Sebenarnya saya sendiri belum pernah membuat company, jadi dalam post ini saya akan menjelaskan sepengetahuan saya. Untuk membuat company, agan bisa melakukannya di menu Companies, lalu pilih open, setelah itu pilih jenis company yang ingin agan buka. Sebelum membuat company, yang perlu diperhatikan adalah modal untuk membuat company tersebut. Rincian modal yang diperlukan bisa dilihat dalam daftar berikut:
- Biaya lisensi
- Biaya bahan baku
- Biaya alat produksi
- Biaya gedung produksi
- Biaya gaji pegawai

Penjelasan:

Saat pertama kali agan mau membuka company, agan akan diminta biaya lisensi awal, yang harganya dimulai dari 5.06G untuk 3 bulan.
Setelah company dibuat, maka agan bisa memulai produksi, dengan terlebih dahulu membeli gedung produksi, alat produksi dan bahan baku. Gedung produksi dibuat oleh Construction company (perusahaan konstruksi), alat produksi dibuat oleh Tools company, dan bahan baku adalah hasil produksi dari perusahaan jenis lain.

Gedung dan alat produksi mempunyai tiga jenis kualitas, kualitas jelek, sedang dan bagus. Tidak semua jenis company tersedia gedung dan alatnya, karena biaya membuat gedung bagi construction company bisa sangat mahal, satu produksi bisa menghabiskan belasan gold.

Setiap company membutuhkan bahan baku yang berbeda dan setiap bahan baku mempunyai harga yang berbeda-beda. Untuk vital company seperti oil company atau electricity company hanya membutuhkan bahan baku vital, seperti natural gas company yang hanya membutuhkan oil. Dan karena produksinya mudah dan murah maka harga hasil produksi juga murah, seperti electricity yang harganya antara 0.004-0.007G/KwH.
Sedangkan untuk company dengan produk yang membutuhkan banyak proses seperti car company maka membutuhkan bahan baku yang lebih banyak, dan tentu harga hasil produksinya akan lebih mahal.

Biaya selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah biaya gaji. Seperti kita ketahui, jika agan akan work maka sistem akan memberikan company dengan gaji paling besar. Maka agan harus pandai-pandai menentukan besaran gaji pegawai. Jika terlalu besar maka gold agan akan habis hanya karena gaji pegawai, sebaliknya jika terlalu kecil maka tidak ada yang bekerja untuk company agan.

Jadi untuk membuka satu company agan harus menyiapkan setidaknya 8-9 Gold, dengan perhitungan= 5.06G untuk biaya lisensi awal + 1G untuk biaya gedung + 1G untuk biaya alat produksi. Sedangkan untuk biaya produksi bisa bervariasi untuk setiap jenis company, jadi silakan hitung sendiri saja :D tapi menurut saya biaya produksi + biaya gaji minimal adalah 5G.

Tips:
- jika agan mempunyai banyak gold dan ingin untung besar, buatlah car company/construction company.
- Jika agan mempunyai banyak gold dan ingin serius/lama mengelola perusahaan maka pilihlah cigars company/clothes company.
- Jika agan mempunyai sedikit gold dan ingin mempunyai untung yang stabil, maka pilihlah vital company (Natural Gas, Electricity, Oil).


Sekian post kali ini mengenai GoldSmugglers Tutorial; Tips dan Cara Membuat Company di GoldSmugglers.
Assalamu'alaikum Wr. Wb.