i-bittrade
ilustrasi bitcoin trading(sumber: google images)


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Jika agan adalah seseorang yang baru belajar trading cryptocurrency, terutama bitcoin, mungkin agan masih bingung cara membaca grafik lilin ataupun memprediksi harga, sehingga setiap transaksi masih mengira-ngira apakah bisa profit. Nah cara berikut dari saya mungkin bisa menjadi panduan agan untuk profit sebelum bisa membaca grafik dan menganalisis harga.

Seperti kita tahu, market biasanya terdiri dari kumpulan order (buy order dan sell order). Dengan bertransaksi hanya memakai order maka insya Allah agan bisa mendapatkan profit.

Ya, agan cukup bertransaksi menggunakan order. Jika ingin membeli agan buat penawaran beli dan jika ingin menjual agan buat penawaran jual. Penawaran beli agan akan ditempatkan di order jual, begitu juga sebaliknya. Dan karena harga jual selalu lebih rendah dari harga beli maka dipastikan agan akan profit.
Jadi istilahnya jika agan ingin membeli Bitcoin maka orang yang menjual kepada agan dengan harga murah, pun sebaliknya, jika agan ingin menjual maka orang lain membeli dari agan dengan harga lebih mahal.
Tetapi ada beberapa hal yang harus dipenuhi agar agan bisa profit lancar dengan cara ini.

- Pertama, market aktif. Market harus ramai dan aktif, artinya banyak orang yang membeli dan menjual.
- Kedua, nominal kecil. Agan harus membuat order dengan nominal kecil agar cepat terpenuhi dan tidak tenggelam dengan order lain.
- Ketiga, harga stabil atau selalu meningkat. Umpamanya kita membeli 100 doge, dengan rate jual 80sat/doge kita mengeluarkan 8000 satoshi. Saat menjual kembali 100 doge ternyata harga beli sudah naik, yang tadinya 82sat sekarang 85sat/doge. Maka agan akan mendapatkan 85x100 = 8500 satoshi, profit 500 satoshi.

Saya sendiri, yang memulai modal trading hanya dengan kurang lebih 350 dogecoin/7700 satoshi (rate saat itu 21 satoshi/dogecoin), dengan memakai cara ini sekarang saldo saya sekitar 300000++ satoshi (tidak termasuk banyak loss :D ) .
Saya tekankan kembali cara ini cocok jika agan memulai trading dengan modal kecil, atau dengan tujuan untuk memperbesar modal. Jika modal agan sudah besar maka cara ini tidak terlalu cocok digunakan.


Sekian post kali ini, mohon maaf jika ada kesalahan dan semoga bermanfaat bagi kita semua.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.