Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat malam agan agan dari Indonesia dan selamat pagi siang sore bagi agan dari mancanegara :D kali ini saya akan membahas sesuatu tentang Bitcoin.

Untuk bisa menyimpan, mengirim, dan menerima Bitcoin maka kita memerlukan sejenis "wadah", atau lebih tepatnya dompet untuk Bitcoin. Nah dompet bagi Bitcoin ini disebut Wallet/Bitcoin Wallet.

Ada banyak penyedia Wallet untuk Bitcoin, diantaranya ada yang berbentuk software bagi PC/Windows seperti Bitcoin Core dan ada juga yang berbentuk online seperti situs Coinbase dan Bitcoin.co.id(Bitcoin Indonesia). Diantara penyedia Wallet tersebut ada yang murni hanya sebagai penyedia layanan penyimpan Bitcoin, ada juga yang berupa Exchanger. Jika kita membuat Wallet di exchanger maka kita bisa langsung mengubah Bitcoin yang kita peroleh menjadi uang/cryptocurrency lain(seperti Litecoin).

Sekarang kita akan belajar cara membuat Bitcoin Wallet di salah satu exchanger yaitu C-cex.com
1) Pertama tentunya agan harus punya akun di C-Cex. Untuk mendaftar kunjungi situs C-cex dengan mengklik link diatas(buka di tab baru). Klik Create Account dan isi semua yang diperlukan.
2) Setelah agan berhasil membuat akun silakan agan login
3) Setelah ada di tampilan akun, klik LEDGER, lalu akan ada daftar Cryptocurrency. Cari dan klik Bitcoin, kemudian klik new address. Jika ada tulisan berupa "1xgUbkiTM..." atau "3PsuJBop.." dengan panjang 34 karakter maka itulah Bitcoin Address/alamat Bitcoin agan(aneh ya :D)
.

Nah alamat Bitcoin ini berfungsi seperti nomor rekening atau nomor telepon. Jika agan ingin menerima Bitcoin maka agan harus memberikan alamat ini, seperti agan membeli pulsa maka harus memberikan nomor telepon agan. Bitcoin yang dikirim ke alamat agan akan otomatis ditambahkan ke akun C-Cex agan dan kemudian agan bisa mengubah(menjual) Bitcoin agan menjadi uang atau cryptocurrency lain.

Perlu diketahui jika kita menerima Bitcoin maka tidak ada potongan, tetapi jika kita mengirim Bitcoin akan dikenakan potongan sebesar 20000 satoshi. Kalau agan merasa tidak nyaman dengan besarnya potongan maka agan bisa membuat Wallet di Bitcoin.co.id yang setahu saya tidak ada potongan saat mengirim/menerima. Atau jika agan ingin Bitcoin yang agan peroleh langsung diubah otomatis jadi uang dan tanpa potongan maka agan bisa membuat alamat Bitcoin di Okpay.

Sekian post kali ini, jika agan masih bingung bisa ditanyakan di komentar.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.