Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Apa Itu Cryptocurrency? Sejarah dan Penjelasan Lengkap

crypto

Mungkin diantara agan ada yang pernah mendengar tentang berbisnis menggunakan Bitcoin, pembayaran menggunakan Bitcoin atau membeli pulsa dengan Bitcoin. Bitcoin itu sendiri adalah salah satu jenis Cryptocurrency. Lalu apakah sebenarnya yang disebut dengan Cryptocurrency?


Cryptocurrency terdiri dari kata Crypto dan currency, jadi bila ditinjau dari segi bahasa maka artinya adalah "Mata Uang Rahasia", karena Crypto artinya rahasia dan currency adalah mata uang. Arti ini sedikit mirip dengan pengertian dari segi istilahnya, yaitu "Mata uang yang bersifat digital dan rahasia".

Jadi Cryptocurrency adalah mata uang yang berbentuk digital(digital/virtual currency) dan juga bersifat rahasia. Tentu saja karena berbentuk digital maka tidak ada bentuk fisiknya, kecuali agan buat sendiri dari emas atau logam lain dengan nilai sama. Tetapi walaupun tidak berbentuk fisik, mata uang ini tetap mempunyai nilai, seperti agan yang bisa membeli Laptop atau Smartphone dari Apple menggunakan Bitcoin.

Cryptocurrency pertama yang dibuat adalah Bitcoin, makanya Bitcoin yang paling terkenal dimana-mana. Bitcoin
dibuat oleh seorang "Anonymous" bernama Satoshi Nakamoto. Nah, setelah Bitcoin muncul, akhirnya muncul juga coin - coin lain yang disebut Altcoin(Alternative Coin), seperti Litecoin dan Dogecoin.

altcoin

Sifat yang membedakan Cryptocurrency dengan uang biasa adalah sifatnya terdesentralisasi dan rahasia. Terdesentralisasi artinya mata uang ini tidak diatur oleh orang/organisasi tertentu, termasuk pembuatnya sendiri. Jadi harganya bisa naik turun, bisa jadi mahal lalu jeblok terjun bebas jadi sangat murah.

Cryptocurrency juga bersifat rahasia, karena namanya juga "Crypto". Cryptocurrency menggunakan metode kriptografi untuk mengamankan dan merahasiakan transaksi. Perlu diketahui bahwa banyak penjahat di Deepweb yang bertransaksi menggunakan Cryptocurrency karena memang FBI pun gak akan tahu seseorang ngirim sekian ke orang lain untuk bayar sesuatu, jika menggunakan Cryptocurrency.

Cara alami mendapatkan Cryptocurrency yaitu menambang dengan komputer, tapi arti menambangnya bukan berarti menggali sesuatu. Cara komputer menambang yaitu dengan menyelesaikan transaksi dari pengguna lain. Jadi seperti agan mengurus transaksi orang lain, kemudian dibayar. Tetapi cara ini sangat boros duit; boros biaya listrik dan harus menggunakan komputer bagus agar tidak cepat rusak dipakai menambang.


Selain menambang, ada puluhan cara lain mendapatkan Cryptocurrency, salah satunya yaitu dengan Paid Game seperti Goldsmugglers

Sekedar info, harga 1 Bitcoin sekarang di kisaran USD700, artinya USD700√óRp13.000= Rp9.100.000
(UPDATE per Juli 2017: harga Bitcoin di sekitar USD2580 - USD2750)

Sekian update post kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.